christa's labyrinth

christa's labyrinth
colorful, maze, mystery

Rabu, 04 April 2012

Sulawesi Utara = North Celebes = North CeleBEST!!


Diantara banyaknya wilayah di Sulawesi, Sulawesi Utara atau North Celebes adalah wilayah yang paling akrab sama gw. Kenapa? Soalnya North Celebes, atau Sulawesi Utara adalah kampung halaman orang tua gw. Karena itu pulalah, kunjungan gw ke Sulawesi Utara terbilang cukup sering. Sekarang sih, karena jatah cuti kerja terbatas, maka frekuensi kunjungan gw ke Sulawesi Utara cuma sedikit. Tahun 2012 ajah cuma 2x kesana. Tapiiiiiiii waktu jamannya kuliah dulu sihh.. Beuuhhh.. Bisa setahun 5x gw kesana meeennn!!! Dari yang cuma setor muka ke Opa selama 3 hari, sampe ‘pernah mati gaya’ gara-gara 2,5 bulan menghabiskan liburan panjang di Sulawesi Utara.
Sayangnya, jaman dulu tuh, jiwa petualang gw masih belum terlalu muncul!! Udah gitu, karena dulu masih bergantung sm uang saku dari ortu dan gak bisa kemana-mana kalau gak ada duit. Alhasil, jaman dulu tuh, tiap kali ke Sulawesi Utara, gw cuman tidur2an doang di kampung asal orang tua gw, trus jalan2 ke Mall sama temen2 (mall again, mall again..), atau kalau pun ke tempat wisata, yaaahhh palingaaaan yang deket2 doang atau yang udah pernah gw kunjungin. Yang ironis adalah selama 25 tahun gw hidup, kalau ditanya orang-orang "Ta, lo udah pernah ke Bunaken belom?" atau "Ta, bunaken bagus gak? katanya bagus yah?", gw cuma bisa speechless atau jawab seadanya "gw belom pernah kesono!"...(tapi sekarang sihh udahh doonng.. hohohoho..)

Kalau tadi gw sebut, ‘pernah mati gaya’, itu betul! Padahaaalll kalo sekarang gw dikasih kesempatan explore Sulawesi Utara dalam waktu 2,5 bulan apalagi kalo GRATIS, gw jamin, pasti gw bakalan bisa explore berbagai hal yang sangat menarik dan baru + foto-foto keren + tulisan-tulisan menarik + ulasan-ulasan oke + pengalaman-pengalaman seru dari Bolmong -ujung selatannya- Sulawesi Utara sampeeee Sangir Talaud yang berada di paling utara. Aaaaahhhhhh...... semoga ada yang mau bayarin gw buat explore Sulawesi Utara gratis. *pray*
Nah, karena baru sekarang dapet wangsit mau nulis tentang keindahan Sulawesi Utara, maka gw pengen share beberapa spot yang pernah gw kunjungi. Well, kalo kalian hanya mengenal Bunaken doang, weww...Sulawesi Utara punya banyak banget tempat yang kereeeenn pisan yang sama kerennya dengan Bunaken. 
Sulawesi Utara adalah tempat wisata komplit! Mau wisata gunung, beuuhhh banyak banget!!!! Wisata laut, kalo yang paling terkenal sampe seluruh dunia, ya taman laut Bunaken... Tapi masih banyak pantai dan wisata dalam laut yang keren banget. Sebut ajah Pulau Siladen, Pulau Lihaga, Pulau Gangga, Selat Lembeh dan beberapa pulau disekelilingnya, Kepulauan Sangihe-Talaud.. Sayangnya, dari pulau-pulau itu, gw baru mengunjungi Bunaken dan Lihaga doang... jadi gak bisa kasih cerita terlalu banyak tentang pulau-pulau selain kedua pulau itu.... huhuhuhu.... Next, mudah-mudahan lebaran besok gw bisa ke Sangihe-Talaud!! Amiiinnnn..!!!
Seperti namanya, 'Utara', sudah tentu Sulawesi Utara ini terletak di ujung pulau yang bentuknya mirip huruf 'K'. Saking Utara-nya, kepulauan Sangihe-Talaud jadi deket banget sama Filipina. Info dari temen gw yang kerja di dinas pariwisata di Tahuna (salah satu kota di kepulauan Sangihe-Talaud) untuk ke Filipina, cuma perlu waktu sekitar 4 jam menggunakan kapal laut. Itu pun kalau naik kapalnya dari Tahuna (bukan pulau paling ujung yang berdekatan dengan Filipina). Deket banget lah katanya....
Kalau dari Jakarta, perjalanan ke Manado yang menjadi Ibukota Sulawesi Utara sendiri memakan waktu sekitar 3,5 jam (kalau naik penerbangan tanpa transit). Ada beberapa maskapai penerbangan ke Sulawesi Utara. Mau yang mahal, monggo naik Garuda. Kalau lagi low season, dan mau menggunakan Budget Airlines, silahkan naik Sriwijaya, Lion Air, Batavia Air. Psssttt... Gw baru tau... Sampai 13 Juni 2012, kalau beli tiket Sriwijaya Air pake CC BNI, bisa dapet promo Buy 1 Get 2!!! Syarat dan ketentuan berlaku tentunya doonnngg... Info lebih lanjut silahkan klik disini
Untuk informasi harga tiketnya, monggo langsung cek diwebsite masing-masing penerbangan. Sebagai gambaran, biaya tiket PP Jakarta-Manado-Jakarta saat low season dengan budget airlines, sekitar 1,3-1,5 juta rupiah. Sementara saat high season, beeuuhhh untuk one way budget airlines ajah, bisa 1,4-2,an juta rupiah, jadinya PP yah tinggal dikalikan 2 ajah. High season penerbangan ke Manado adalah saat liburan anak sekolah atau sekitar Juni-Juli, dan saat menjelang Libur Natal. Pada hari Natal atau satu hari setelahnya pun gak terlalu mahal sih kayaknya. Soalnya biasanya orang Manado pada rame ke Manadonya sebelum hari Natal tiba. Kalau libur Lebaran justru dari Jakarta ke Manado gak terlalu mahal saat arus mudik, dan Manado-Jakarta juga gak terlalu mahal saat arus balik.
Transportasi di Sulawesi Utara terbilang cukup ribet. Apalagi di Manado. Kebijakan pemerintah setempat yang suka mengubah-ubah jalur jalan menjadi satu arah, kemudian tiba-tiba dua arah, jalan satu ditutup, kemudian dibuka lagi, membuat gw sendiri bingung kalo naik angkot! Kalo naik mobil pribadi sih masih mendinglaaaahhh.... Paling kalo nyasar cuma muter-muter doang.. hehehe.. Udah gitu, karena tempat wisata di Sulawesi Utara itu komplit dan beraneka ragam, ada gunung ada pantai; ada sejarah, ada kuliner, ada panorama; ada religi, ada budaya; yang letaknya berjauhan satu dengan yang lain, membuat transportasi umum gak terlalu gw rekomendasikan kalau mau menikmati Sulawesi Utara. 
Ada baiknya datang kesini rame-rame. Lalu sewa mobil disini. Perharinya untuk mobil xenia/avanza sekitar 200-250rb deh kalo gak salah. Tapi belum termasuk bensin dan driver. Harga tersebut bakalan lebih murah kalau kita sewanya lebih dari 1 hari. Nego+coba tawar ajah. Dan akan lebih baik lagi kalau punya kenalan atau temen yang tinggal disini buat jadi tourguide. Jadi hemat biaya driver (nyetir sendiri), dan ada temen yang nge-guide. 
Kalau temen itu bisa nyediain tempat tinggal juga, bakalan lebih bagus lagi! Hohohoho.. lumayan bisa hemat ongkos penginapan. Kalau gw lagi kebetulan ada disana, silahkan ajah hubungi gw dengan email ke gw lewat blog ini atau komen di blog ini sebelum hari keberangkatan kalian. Siapa tau kalau pas gw lagi ada disana, gw bisa beberapa hari nemenin jalan-jalan atau menyediakan tempat tinggal gratis di rumah orang tua gw (tapi rumahnya di desa dan kalau gw gak bisa nganter jalan-jalan kalian harus nyediain kendaraan sendiri hehehehe). 
Mau couchsurfing juga bisa. Silahkan ajah liat www.couchsurfing.com . Ada beberapa anggotanya yang berdomisili di Sulawesi Utara terutama di kota Manado-nya. Kalau maunya tinggal di hostel/hotel, hostel sejenis bungalow dan homestay banyak di Tomohon. Tapi kalau di kota Manadonya sendiri, lebih banyak hotel dengan berbagai kategori. Mulai dari bintang 1 sampe bintang 5. Cuman, gw gak bisa info budgetnya. Soalnya gw belum pernah nginep di hotel di Manado. Lah wong sodara gw banyak disono. Mau kemana juga tinggal numpang nginep.... hehehehe....
 Mengenai makanan, bagi yang punya pantangan, hati-hati bila makan di restoran di Manado. Banyak yang haram bagi sebagian besar orang. Tapi jangan khawatir. Sulawesi Utara, dan Manado tentunya, adalah surganya pencinta ikan. Ikan laut sangat melimpah disini. Bahkan salah satu ikan laut purba coelacanth pernah beberapa kali ditemukan di perairan Sulawesi Utara, dan kini dijadikan icon Sulawesi Utara. Kalau bosen sama ikan, menu ayam dan sapi juga banyak kok. Bila ingin aman sih, silahkan ke RM. Padang. Tapi  rata-rataRM Padang disini agak mahal dan rasanya biasa bangeeetttt... mendingan ke fastfood ajah deh.. Udah jelas-jelas ketauan halal dan ada menu goceng-an.. hihihihi..
Nah, mengenai tempat dan foto, berhubung tempat yang mau gw ceritain cukup banyak, jadi ceritanya akan gw posting secara terpisah pada postingan berikutnyaaa.. hohohoho.. cuman gak tau kapan deh gw postingnya.. hihihihihi... Hmmm.. mungkin enaknya berdasarkan tempat yang saling berdekatan ajah kali yah? Atauuuu yah tergantung mood nanti deh, mau postingnya model apa.. hohohohoho..
Demikian sekilas info mengenai North Celebes a.k.a Sulawesi Utara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar